Cara Mudah Mengirim File dari Komputer ke Android Tanpa USB

Kamu bingung dan kesulitan ketika ingin memindahkan file dari komputer atau laptopmu ke handphone karena lupa membawa kabel USB? Tak perlu bingung lagi, berikut ini terdapat cara mudah untuk memindahkan file dari komputer atau laptop ke handphone Android tanpa perlu ribet pakai kabel USB, dan tanpa mengurangi kualitas dari file yang akan dipindahkan.

Baca Juga : Cara Mengunci Aplikasi WhatsApp dengan Sidik Jari di Android dan Iphone

Memakai Aplikasi SHAREit

SHAREit merupakan aplikasi pemindah data yang dapat digunakan di handphone Android dan komputer atau laptop. Aplikasi SHAREit ini dapat memindahkan berbagai jenis file. Memindahkan data menggunakan aplikasi ini sangatlah mudah dan praktis, selain itu file yang dipindahkan tidak mengalami penurunan kualitas.

Memakai Aplikasi Pushbullet

Aplikasi Pushbullet mungkin jarang diketahui banyak orang. Padahal aplikasi pushbullet ini menawarkan berbagai keuntungan yang menarik dalam proses memindahkan data, tidak hanya itu aplikasi ini juga dapat memberikan notifikasi atau pemberitahuan dari aplikasi dan dapat menerima SMS dari handphone di komputer. Aplikasi ini juga dapat berfungsi untuk menjelajah file yang ada di handphone seperti di File Explorer.

Memakai Fitur Layanan Cloud

Fitur layanan cloud merupakan layanan yang menawarkan penyimpanan file dalam bentuk online. Jika anda ingin menyimpan file tersebut secara online caranya sangat mudah, Anda cukup meng-upload dan ketika suatu saat Anda membutuhkan file tersebut Anda cukup mendownload saja. File yang Anda simpan menggunakan layanan ini tidak akan mengalami perubahan kualitas dari file aslinya. Beberapa fitur layanan cloud yang sering dipakai seperti Google Drive, Dropbox, dan One Drive.

Memakai Aplikasi AirDroid

Aplikasi AirDroid merupakan salah satu aplikasi yang terkenal dan sering digunakan pada perangkat android. Aplikasi ini memiliki cara kerja yang hampir sama dengan aplikasi Shareit. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengirimkan berbagai jenis file tanpa ada batasan ukuran. Aplikasi ini juga dapat digunakan baik dengan handphone android ataupun komputer untuk mengakses file.

Memakai FTP (File Transfer Protocol)

Vector linear blue round concept of File Transfer Protocol. Red sign FTP and internet thin line icons, secure connection, transfer files and server data center

FTP (File Transfer Protocol) merupakan fitur yang memiliki fungsi untuk memindahkan file dalam network yang memiliki koneksi sama. Fitur FTP ini memiliki kode, Anda dapat menemukan kode FTP ini pada pengaturan handphone atau di file manager. Kode FTP yang dimiliki setiap handphone berbeda-beda, begitu pula juga dengan letaknya antara handphone satu dan lainnya berbeda juga. Ketika sudah mengetahui kode FTP di handphone, kemudian ketiklah FTP pada File Explore yang terdapat pada menu Network. Langkah selanjutnya Anda cukup menuliskan kode FTP di kolom atas Network.

Memindahkan file menggunakan Reep.io (Web)

Ketika Anda ingin memindahkan atau mengirimkan file dengan teman anda yang terpisah jarak jauh Anda dapat menggunakan Reep.io sebegai solusinya. Layanan Reep.io ini menggunakan sistem peer-to-peer. Cara penggunaan layanan ini untuk pertama Anda cukup mengupload file yang akan dipindahkan ke server namun tidak secara penuh, selanjutnya akan muncul tampilan link download. Kemudian bukalah tautan link download tersebut menggunakan perangkat lain, pada proses ini sistem peer-to-peer mulai bekerja, jadi ketika perangkat lain membuka link download dan terjadi proses mendownload maka proses upload file yang tidak secara penuh tadi juga terus berjalan sampai file benar terupload secara penuh. Penggunaan layanan ini sangat membantu kita dalam memindahkan file secara cepat. Layanan ini dapat kita gunakan tanpa perlu ribet untuk menginstall aplikasi pada perangkat komputer ataupun android.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *