Cara Mengunci Aplikasi WhatsApp dengan Sidik Jari di Android dan Iphone

Whatshapp merupakan salah satu aplikasi perpesanan dimana cara kerjanya berbasis internet. Aplikasi whatsapp ini saat ini menjadi salah satu aplikasi terfavorit, hampir seluruh pengguna smartphone menggunakannya. Tingginya antusias para pengguna aplikasi whatsapp, secara tidak langsung menuntut untuk adanya pembaharuan fitur – fitur yang ditawarkan termasuk pada keamanan. Aplikasi whatsapp menawarkan beberapa fitur, salah satu fitur terbaru yang ditawarkan adalah fitur fingerprint atau biasa dikenal dengan pemindai sidik jari. Namun, fitur keamanan fingerprint masih menggunakan versi Beta yang berbarti belum semua pengguna aplikasi whatsapp ini dapat menggunakan sebelum fitur ini dirilis secara resmi. Fitur ini menawarkan manfaat dalam menjaga keamanan pesan dalam aplikasi, jadi Anda tidak perlu merasa khawatir jika pesan whatsapp Anda dibaca orang lain. Keunggulan lain yang ditawarkan fitur ini, para pengguna masih dapat menggunakan fitur quick reply dalam membalas pesan tanpa perlu membuka aplikasi whatsapp terlebih dulu. Fitur fingerprint ini juga dapat dinikmati oleh pengguna iOS yang memiliki Face ID. Fitur fingerprint ini sudah dapat digunakan sejak awal bulan Februari tahun 2019.

Baca Juga : Cara Cek Handphone Xiaomi Asli atau Palsu

Berikut ini terdapat langkah – langkah yang dapat Anda lakukan jika ingin menggunakan fitur fingerprint dari aplikasi whatshapp bagi pengguna smartphone android.

  • Whatshapp versi terbaru

Anda perlu memastikan terlebih dahulu bahwa aplikasi whatshapp yang terpasang pada smartphone Anda adalah aplikasi versi terbaru. Namun, bagi para pengguna android harap lebih bersabar karena fitur ini masih bersifat beta jadi belum dapat digunakan sepenuhnya oleh pengguna aplikasi whatsapp.

  • Atur setelan whatsapp

Langkah selanjutnya Anda perlu membuka aplikasi whatsapp kemudian masuk ke menu setelan atau pengaturan aplikasi whatsapp yang berada di pojok bagian kanan atas.

  • Pilih opsi akun

Pada tahap ini langkah yang harus Anda lakukan adalah memilih opsi akun dan pilihlah opsi “privasi”, kemudian gulir ke bagian bawah sampai Anda menemukan opsi finger print lock atau kunci pemindai menggunakan sidik jari.

  • Scan sensor sidik jari

Pada tahap ini aplikasi whatsapp akan meminta sensor sidik jari Anda. Langkah yang Anda lakukan adalah menyentuh sensor sidik jari pada smartphone yang Anda gunakan.

  • Pilih durasi penguncian

Pada tahap ini aplikasi whatsapp akan menanyakan durasi yang Anda inginkan berapa lama waktu yang dibutuhkan agar aplikasi whatsapp dapat terkunci secara otomatis, misalnya dalam waktu satu menit hingga tiga puluh menit.

  • Mengaktifkan tombol pemberitahuan

Pada langkah ini Anda dapat memilih untuk mengaktifkan tampilan konten pada menu pemberitahuan, ketika Anda ingin untuk melihat pesan masuk pada smartphone yang Anda gunakan.

Fitur finger print yang ditawarkan oleh aplikasi whatshapp ini dapat digunakan para pengguna iOS pada versi terbaru Whatsapp 2.19.20.19 yang dapat didownload di App Store. Cara mengaktifkan fitur ini pada iOS cukup mudah.

Berikut ini langkah – langkah yang dapat dilakukan untuk mengaktifkan fitur ini.

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah masuk pada menu setting, kemudian pilihlah menu account dan pilih menu privacy. Langkah kedua yang dilakukan adalah ketika berada pada menu pirvacy selanjutnya pilih menu screen lock. Langkah ketiga Anda perlu mengaktifkan fitur Face ID atau Touch ID pada pilihan opsi. Langkah keempat yaitu Anda perlu mengaktifkan Reqiure Face ID atau Reqiure Touch ID. Langkah kelima Anda dapat mengatur durasi waktu penguncian aplikasi whatsapp secara otomatis sesuai dengan keinginan Anda. Langkah terakhir yaitu Anda perlu memilih durasi dari Immediately dengan waktu maksimal satu jam.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *