Cara Mengunci Aplikasi di Handphone Android

Privasi memang suatu hal yang penting bagi sebagian besar orang. Saat ini bagi sebagian besar orang banyak yang menyimpan privasi mereka di smartphone, seperti foto pribadi, kode pasword penting, dan isi chat penting. Menghindari hal yang tidak diinginkan kita perlu menjaga keamanan privasi yang tersimpan dalam smarphone, untuk itu beberapa aplikasi yang ada di smartphone memang membutuhkan kode keamanan agar tidak disalahgunakan oleh orang lain. Meskipun smartphone yang kita miliki sudah menggunakan aplikasi kunci layar android, namun terkadang hal itu belum cukup. Terdapat 2 cara yang dapat Kita gunakan untuk mengunci aplikasi di smartphone Android yaitu cara pertama cara mengunci aplikasi di handphone berbasis aplikasi. Berikut ini Saya akan memberikan informasi langkah – langkah yang dapat Anda lakukan untuk menjaga keamanan privasi Anda dengan mengunci Aplikasi yang ada di handphone Android.

Baca Juga : 2 Cara Mengunci Jaringan 4G pada Ponsel Android

Mengunci Dengan Aplikasi

Terdapat beberapa aplikasi yang dapat kita gunakan untuk menjaga keamanan aplikasi di handphone, salah satu aplikasi yang saya rekomendasikan adalah aplikasi 360 Security.

  • Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mendownload aplikasi 360 Secuirity, Anda bisa mendapatkan aplikasi ini dengan mendownload di Google Play Store.
  • Langkah selanjutnya jalankan aplikasi tersebut lalu cari opsi App Lock dengan mengklik tombol menu di sebelah kiri atas dan tap menu App Lock.
  • Lalu centang aplikasi yang mau dikunci, terutama aplikasi-aplikasi yang memuat informasi pribadi anda. Selanjutnya tap tombol Lock.
  • Kemudian buatlah gambar pola yang akan jadi kunci aplikasi Anda, lakukan dua kali pola penguncian untuk melakukan verifikasi.
  • Sebelum bisa terkunci, sistem ini membutuhkan satu langkah lagi yaitu jika Anda mendapatkan pesan atau notifikasi seperti ini, makan Anda hanya perlu mengetuk tombol Confirm.
  • Langkah selanjutnya Anda perlu mengetuk Tap 360 Security, lalu ubah posisi Permit Usage Access menjadi on.
  • Langkah terakhir, Anda perlu mengetuk tap kembali sampai tampilan layar muncul seperti ini. Hal ini menandakan penguncian aplikasi di handphone Anda telah berhasil.

Jika aplikasi ini sudah selesai terpasang, maka siapapun yang akan membuka aplikasi di handphone yang Anda harus memasukkan PIN atau pola kode keamaan dahulu. Jika kode atau pola yang dimasukkan salah, aplikasi di handphone tidak dapat terbuka.

Mengunci Tanpa Aplikasi

Hal yang perlu Anda perhatikan, bahwa cara ini dapat digunakan jika handphone android Anda sudah di dukung fitur pengunci aplikasi. Berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda lakukan.

  • Langkah pertama yaitu Anda perlu masuk ke menu pengaturan handphone Android.
  • Langkah kedua scroll kebagian bawah sampai Anda menemukan menu pengaturan tambahan.
  • Langkah ketiga Anda masuk ke menu pengaturan tambahan kemudian klik pada menu privasi dan klik ekripsi aplikasi.
  • Langkah keempat klik menu pilihan lock individual apps dan klik choose apps to lock.
  • Langkah kelima jika Anda ingin memilih aplikasi yang ingin dikunci, terlebih dahulu Anda harus membuat pola atau PIN sebagai pasword dari pengunci aplikasi tersebut.
  • Jika pola atau PIN pasword sudah dibuat dan sudah terferivikasi langkah selanjutnya Anda hanya perlu memilih aplikasi mana saja yang Anda inginkan terjaga keamanannya. Jika sudah penguncian aplikasi sudah berhasil dikunci.

Semoga berhasil, selamat mencoba!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *