Cara Membedakan Iphone Asli atau Palsu

Iphone merupakan salah satu jenis smartphone yang diluncurkan sejak tahun 2007. Iphone menjadi salah satu produk unggulan yang diminati oleh pengguna smartphone. Iphone ini memiliki brand yang berkelas jika dibandingkan dengan produk smartphone lain. Iphone ini identik dengan logo Appel. Namun disayangkan sekali, akhir – akhir ini marak beredar produk Iphone palsu. Secara kasat mata akan sulit membedakan produk Iphone asli dan palsu, berikut ini terdapat lima cara yang dapat membantu Anda membedakan produk Iphone asli dan palsu.

Baca Juga : Cara Memperbesar Ukuran Foto di Android dan PC

Desain Material

Produk Iphone di produksi dengan pangsa pasar kelas premium, sehingga dari konsep penampilan atau desain produk membawa standar kelas premium. Jadi ketika Anda membeli produk Iphone pastikan dan perhatikan apakah packaging barang tersebut sama dengan packaging resmi. Anda juga perlu memperhatikan kualitas dari build-nya apakah terlihat asli ?. Jika dirasa terdapat keanehan atau terkesan murahan, bisa dipastikan bahwa kemungkinan Anda mendapat Iphone palsu.

iTunes

iTunes merupakan music player yang diluncurkan sejak tahun 2001. iTunes merupakan fitur yang menghubungkan antar pengguna device Apple untuk melakukan transfer data, Update OS, factory reset, membeli konten musik, dan lainnya. Setiap Iphone asli sudah dirancang dapat mengenali iTunes. Pada Iphone asli ketika Iphone disambungkan dengan iTunes dapat dipastikan bahwa iTunes dapat mengenali Iphone Anda, jika iTunes tidak dapat mengenali Iphone sudah dipastikan bahwa Iphone tersebut palsu.

iOS

iOs merupakan sistem operasi asli dari Iphone. Jika Iphone Anda asli sudah dapat dipastikan bahwa sistem operasinya menggunakan iOS, berbeda halnya jika Iphone palsu sistem operasinya rata – rata menggunakan android yang dimodifikasi sehingga mirip dengan iOS. Cara untuk mengecek keaslian dari iOS tidak cukup hanya dengan mengecek dari setting saja. Hal yang dapat anda lakukan untuk membedakan Iphone asli dan palsu yaitu dengan memperhatikan icon apps yang ada pada homescreen sama persis dengan icon iOS, karena biasanya terdapat perbedaan icon apps dan perbedaan nama fitur pada Iphone palsu. Anda juga dapat melakukan pengecekan pada fitur khusus yang dimiliki iOS seperti Apple Music, berbeda halnya dengan Iphone palsu biasa yang terbuka adalah aplikasi Spotify.

Spec dan Features

Spesifikasi dan fitur dari Iphone merupakan salah satu komponen penting yang perlu diperhatikan ketika membedakan Iphone asli atau palsu. Hal pertama yang dapat dilakukan adalah melakukan pengecekan pada home button. Jika home button ditekan selama beberapa saat, pada Iphone asli SIRI akan aktif. SIRI merupakan layanan voice assistant Apple yang telah diluncurkan sejak tahun 2011. Jika SIRI belum diaktivasi maka voice control yang akan muncul. Hal ini akan berbeda dari Iphone palsu, jika home button ditekan selama beberapa saat SIRI tidak akan muncul namun voice control yang akan muncul dengan tampilan yang berbeda dari Iphone asli. Langkah lain yang dapat Anda lakukan adalah melakukan pengecekan peforma dari kamera, Iphone palsu biasanya menghasilkan gambar yang tidak sejernih dan setajam Iphone asli. Anda juga harus melakukan pengecekan pada fitur – fitur lainnya secara teliti, karena saat ini sudah banyak fitur dari Iphone yang telah berhasil ditiru Iphone palsu seperti fitur lighting port.

Apps Store

Apps store merupakan device Apple yang digunakan untuk mendownload aplikasi. Apps store ini mulai diluncurkan sejak tahun 2008. Apps store saat ini memiliki App berjumlah 2,2 juta, dimana jika dibandingkan lebih banyak Google Play Store yang telah memiliki 2,8 juta App. Pada Iphone palsu biasanya icon Apps store yang terdapat di homescreen tidak dapat diakses atau tidak jarang langsung diarahkan ke Play Store.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *