Cara Mematikan dan Mengaktifkan Getar Keyboard Handphone Samsung

Handphone Android Samsung sangat diminati oleh sebagian besar masyarakat pengguna smartphone. Bagi para pengguna handphone android sering merasa terganggung dengan fitur suara dan getar ketika mengetik pada keyboard atau biasa disebut papan ketik. Keyboard sendiri merupakan komponen yang wajib ada pada setiap perangkat handphone, selain keyboard sebenarnya saat ini banyak handphone yang sudah didukung oleh fitur speech to text. Fitur speech to text dapat digunakan ketika kita ingin mengetik suatu kata hanya perlu dengan mengucapkan kata tersebut secara otomatis akan muncul teks. Namun fitur ini kurang diminati oleh banyak orang.

Baca Juga : Trik Cara Membuka Blokir Akun Teman atau Orang Lain di Facebook

Namun pada artikel ini, Saya hanya akan membahas tentang bagaimana cara mematikan dan mengaktifkan fitur suara dan getar keyboard. Fitur suara dan getar keyboard ini merupakan fitur bawaan dari handphone android. Kelemahan dari kedua fitur ini selain cukup mengganggu, kedua fitur ini membuat daya konsumsi baterai handphone android semakin besar sehingga handphone android lebih boros baterai. Bagi pengguna handphone android tidak perlu heran jika daya baterai cepat habis, terlebih jika handphone android ini digunakan secara terus menerus untuk chat dan browsing. Lalu pertanyaannya bagaimana cara untuk mematikan fitur getar keyboard di handphone android Anda ?

Berikut ini adalah cara yang dapat dilakukan untuk mematikan fitur getar keyboard pada handphone Samsung Galaxy.

  • Langkah pertama, Anda perlu masuk dahulu ke menu pengaturan. Kemudian Anda scroll kebawah, sedikit berbeda jika Anda menggunakan handphone Samsung Galaxy Note, Samsung S7 dan beberapa tipe lain, Anda perlu memperhatikan tampilan ui pada pengaturan. Jika muncul pilihan tab, maka silahkan pilih tab phone. Kemudian carilah menu language (bahasa) & Input. Pada menu language (bahasa) & Input merupakan tempat pengaturan bahasa handphone dan pengaturan keyboard handphone yang digunakan. Selanjutnya pilihlah menu pengaturan ui keyboard dengan nama Samsung Keyboard, itu jika Anda tidak menggunakan aplikasi keyboard tambahan di handphone Anda. Namun jika Anda menggunakan aplikasi keyboard tambahan, Anda perlu mengetahui keyboard mana yang sedang aktif digunakan.
  • Langkah kedua, carilah menu peengaturan Preference kemudian pilihlah Vibrate on Keypress. Pada layar akan muncul tampilan dengan beberapa pilihan ketika Anda menekan Vibrate on Keypress yaitu Off, Low, Normal dan High. Kemudian tekan pilihlan OFF untuk mematikan fitur getar keyboard. Jika proses ini sudah selesai, berarti keyboard handphone Anda tidak akan bergetar ketika Anda mengetik.

Lalu muncul pertanyaan, bagaimana caranya jika Anda ingin mengaktifkan kembali fitur getar keyboard pada handphone Samsung yang Anda gunakan ? berikut Saya akan memberikan informasi bagaimana cara mengaktifkan kembali fitur getar keyboard di handphone Samsung Galaxy. Sebenarnya cara yang dilakukan tidak jauh berbeda dengan cara mematikan fitur getar keyboard seperti yang sudah dijelaskan diatas.

  • Langkah pertama masih sama seperti penjelasan diatas, pastinya Anda perlu masuk dahulu ke menu pengaturan. Kemudian carilah menu language (bahasa) & Input. Selanjutnya pilihlah menu pengaturan ui keyboard dengan nama Samsung Keyboard, karena Saya menggunakan contoh handphone Samsung. Jika Anda menggunakan handphone dengan merk lain contohnya Asus maka pilihlah pengaturan ui keyboard dengan namazen ui keyboard.
  • Langkah kedua masih sama seperti cara sebelumnya, carilah menu pengaturan Preference kemudian pilihlah Vibrate on Keypress. Pada layar akan muncul tampilan dengan beberapa pilihan ketika Anda menekan Vibrate on Keypress yaitu Off, Low, Normal dan High. Kemudian Anda dapat memilih tingkat getar keyboard yang Anda inginkan, pilihan yang bisa Anda pilih diantaranya Low, Normal, atau High untuk mengaktifkan kembali fitur getar keyboard.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *