2 Cara Mengunci Jaringan 4G pada Ponsel Android

Kebutuhan utama masyarakat saat ini salah satunya adalah penggunaan internet. Kebutuhan akan jaringan internet menjadi kebutuhan dasar yang sangat penting bagi sebagian besar orang. Kebutuhan ini tidak hanya menyangkut akan ketersediaan jaringan internet saja tapi juga berkaitan dengan kestabilan jaringan tersebut. Paket data menjadi salah satu kebutuhan yang sangat dicari. Banyak jenis paket data yang ditawarkan oleh operator yang membuat sebagian orang merasa ribet dengan berbagai pilihan jaringan, ada jaringan kuota 4G, kuota tengah malam dan kuota semua jaringan. Sebagian pengguna merasa hal ini menyebalkan karena mereka harus memikirkan kuota dari jaringan yang tersisa. Saat ini banyak dari operator yang menawarkan kuota jaringan 4G, padahal tidak disemua tempat jaringan 4G ini mudah untuk selalu dijangkau terlebih di daerah yang sedikit kesulitan terjangkau oleh sinyal. Padahal tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian dari aplikasi online yang digandrungi sangat haus akan jaringan internet yang kuat dan stabil. Bagi pengguna smartphone hal ini bisa diatasi dengan mengunci jaringan terkuat seperti jaringan 4G.

Baca Juga : Cara Mengunci Aplikasi WhatsApp dengan Sidik Jari di Android dan Iphone

Berikut ini Saya akan memberikan tips dan trik yang mudah untuk membuat smartphone Anda dapat mengunci jaringan 4G saja. Terdapat dua cara yang dapat Anda lakukan untuk mengunci jaringan 4G di smartphone Anda yaitu menggunakan cara manual atau cara yang berbasis aplikasi.

Cara Mengunci Jaringan 4G Secara Manual

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan yaitu dengan mengetik ##4636## pada saat itu pada layar akan muncul tiga menu pilihan yaitu Wi-Fi Information, Usage Information dan Device Information. langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah memilih Device Information, kemudian akan muncul tampilan yang berisi berbagai informasi tentang perangkat smarthone Anda seperti kode IMEI, kekuatan sinya, jaringan yang saat ini Anda gunakan dan lainnya. Kemudia scroll kebawah carilah Set Preferred Network Type. Pada layar akan muncul tampilan dengan berbagai pilihan jaringan, Anda perlu memilih tipe LTE Only. Jika sudah selesai berarti smartphone yang Anda gunakan hanya dapat menerima jaringan 4G saja. Selanjutnya klik tombol Home untuk kembali pada tampilan layar utama.

Cara Berbasis Aplikasi

Cara mengunci jaringan 4G juga dapat dilakukan menggunakan aplikasi. Aplikasi ini pada dasarnya hanya berfungsi seperti jalan pintas dari cara manual yang tadi Saya bahas. Terdapat beberapa aplikasi yang dapat digunakan salah satu yang Saya rekomendasikan adalah 4G Switcher (4G LTE Switch). Anda bisa mendapatkan aplikasi ini dari Google Play Store. Ketika Anda membuka aplikasi ini, secara otomatis akan muncul tampilan menu Wi-Fi Information, Usage Information dan Device Information. langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan sama seperti pembahasan diatas. Namun terdapat kelemahan dari trik ini, hal penting yang perlu Anda perhatikan yaitu trik mengunci jaringan 4G berbasis aplikasi ini hany dapat berlaku pada SIM 1. Maka Anda perlu memastikan bahwa SIM operator yang Anda gunakan terpasang di slot SIM 1. Kelemahan selanjutnya adalah setelan ini akan berubah seperti semula (normal) ketika smartphone Anda mengalami restart atau mati.

Hal penting lain yang perlu Anda perhatikan adalah bahwa area dimana Anda berada sudah terjangkau oleh jaringan 4G dari operator yang Anda gunakan. Ada kemungkinan bahwa tidak semua smartphone Android yang Anda gunakan bisa mengakses trik berbasis aplikasi ini untuk mengunci jaringan 4G. Semoga tips yang Saya berikan dapat bermanfaat bagi Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *